Bagaimana Cara Membedakan Gejala Virus Corona dan Flu?

Dengan ditetapkannya status wabah virus corona sebagai pandemi global, masyarakat diharapkan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan sambil menjalankan protokol yang disarankan pemerintah. Mulai dari mengenakan masker saat keluar ruangan, melakukan physical distancing, hingga mengenali gejala virus corona. Masyarakat diimbau untuk lebih aware dengan kondisi tubuhnya dan jika menemukan atau mengalami gejala virus corona, diharapkan untuk aktif melaporkannya ke petugas medis atau melakukan konsultasi dokter Covid-19 di https://homecare24.id/layanan/corona-chat-line.

Gejala virus corona memang mirip dengan gejala flu, yakni demam, sesak napas, hidung meler, sakit tenggorokan, dan batuk. Dengan kemiripan ini, tentu sulit untuk membedakan antara keduanya. Namun demikian, sebelum melangkah lebih jauh, patut diketahui juga bahwa flu biasa maupun COVID-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Namun, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Flu

Flu biasa terjadi ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Jika terinfeksi, maka gejala yang muncul adalah bersin-bersin, hidung tersumbat atau bahkan berair, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, dan juga batuk. Flu merupakan penyakit yang menular dan gejala akan muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari penderita lainnya.

COVID-19

Sementara itu, COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Penyakit ini juga menyerang sistem pernapasan dan gejalanya pun mirip dengan gejala flu biasa. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak yang terkecoh dengan gejala flu biasa dan COVID-19.

Namun demikian, yang perlu di-highlight adalah gejala utama dalam COVID-19. Bagi pasien yang sudah terinfeksi, mereka biasanya mengalami demam tinggi, batuk, dan juga sesak napas. Dalam beberapa kasus, pasien juga bisa mengalami gangguan penciuman, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Sementara pada kasus yang parah, infeksi virus corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Beda penyakit, tentu berbeda pula penanganannya. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter atau melakukan isolasi mandiri. Semoga bermanfaat!