Cara Menghilangkan Komedo dan Jerawat Wajah dan Mencegahnya Agar Tidak Datang Kembali

Area wajah atau muka merupakan area yang penting untuk menjaga rasa percaya diri baik untuk pria maupun wanita. Dengan wajah yang sehat dan cerah, seseorang akan tampil lebih menarik dan percaya diri. Sebaliknya jika di area wajah tampak banyak komedo atau kotoran hitam dan putih serta jerawat, tentu akan mengurangi rasa percaya diri Anda dan membuat enggan untuk keluar rumah. Masalah noda putih dan hitam bisa terjadi di usia berapapun selama Anda tidak melakukan cara untuk menghilangkan dan mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ada noda hitam, putih dan jerawat di area wajah.

Untuk jerawat, cara yang paling tepat adalah dengan rajin mencuci muka terutama sebelum tidur dan setelah beraktivitas di luar. Jerawat sendiri disebabkan karena pori-pori kulit tertutup noda, debu atau kotoran sehingga membengkak. Selain itu kelebihan minyak yang diproduksi oleh pori-pori juga bisa mengakibatkan penumpukan dan menghasilkan jerawat. cara menanganinya adalah dengan membersihkan area muka menggunakan sabun wajah setidaknya sehari sekali untuk menghilangkan tumpukan kotoran di pori-pori. Jerawat yang sudah timbul jangan dipencet karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang membuatnya semakin merah dan bengkak. Biarkan saja jerawat mengecil dengan sendirinya seiring dengan wajah yang semakin bersih karena rajin Anda cuci.

Sedangkan untuk noda hitam atau putih kecil di bagian hidung, tak cukup hanya dengan mencuci wajah saja. Lain dengan jerawat, noda ini perlu diangkat dan dihilangkan secara langsung. Air dan sabun saja tidak cukup untuk mengangkat noda putih seperti minyak dan noda hitam seperti rambut-rambut kecil yang mengganggu penampilan. Lalu apa yang perlu Anda lakukan? Berikut ini pilihannya:

1. Menggunakan masker wajah.
Cara yang paling tepat adalah dengan memakai masker wajah. masker yang lengket akan dapat menempel dan menariknya sehingga terangkat keluar. Ada banyak masker yang bisa Anda gunakan namun untuk membersihkan noda putih dan hitam ini sebaiknya Anda memilih masker yang lebih kental sehingga lebih kuat.

2. Menggunakan vacuum cleaner khusus.
Saat ini sudah tersedia vacuum khusus untuk membersihkan area wajah khususnya hidung dari masalah noda putih dan hitam. caranya sama dengan membersihkan lantai yaitu dengan mengaplikasikan vacuum di area yang banyak terdapat noda di wajah. Dengan begitu noda akan terangkat dan wajah menjadi bersih kembali. Beberapa noda perlu diulang-ulang untuk bisa terangkat karena sudah menumpuk di pori-pori.

3. Alat pencet.
Pernah melihat video pencet noda wajah? mungkin terasa menjijikkan namun faktanya banyak yang melakukannya untuk menghilangkan noda khususnya noda putih yang tidak terlihat mata secara langsung. Alat ini seperti pinset dengan lubang di bagian ujungnya. Lubang tersebut ditekankan di area sekitar noda agar noda bisa terpencet keluar. Cukup repot karena Anda harus melakukannya satu per satu.

4. Plester.
Cara ini yang lebih dahulu populer untuk area hidung. Plester ditempelkan di bagian hidung kemudian diangkat kembali sehingga noda putih maupun hitam ikut terangkat.

Ada banyak cara untuk mengatasi komedo dan jerawat yang membandel. Namun perlu diingat bahwa cara tersebut memang bisa membersihkan namun tak menjamin akan bersih seterusnya. Lakukan cuci muka setiap hari dan gunakan masker seminggu dua kali agar wajah Anda tidak lagi terlihat penuh dengan jerawat atau noda putih maupun hitam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *